Cara Bebas Pajak di tahun 2021

Bentuk DUKUNGAN Pemerintah selama pandemic COVID-19

Covid-19 sudah ada di sekitar kita lebih dari 1,5 tahun dan mau tidak mau kita wajib menyesuaikan diri dengan keadaan ini. Untuk mendukung perekonomian di Indonesia, pemerintah membantu para pelaku bisnis untuk menanggung beberapa pajak yang sebelumnya merupakan tanggungan wajib pajak.

Perlu diketahui, sebenarnya penanggungan pajak ini sudah dilakukan oleh pemerintah dari tahun lalu. Kabar baiknnya adalah, pemerintah tetap akan melanjutkan penanggungan ini sampai dengan akhir Desember 2021.

Jenis – Jenis pajak yang merupakan pajak tanggungan Pemerintah

Dalam penanggungan pajak ini, tidak semua jenis pajak akan ditanggung oleh pemerintah. Berikut adalah 6 jenis pajak yang akan ditanggung pemerintah sampai dengan Desember 2021:

  1. PPh 21
  2. PPh Final UMKM
  3. PPh Final Jasa Konstruksi
  4. PPh 22 impor
  5. PPh 25
  6. PPN

Sayangnya tidak semua perusahaan ataupun pelaku bisnis untuk memperoleh penangguhan pajak dari pemerintah ini atau biasa yang dikenal insentif pajak atau pajak DTP. Untuk mengetahuinya, kalian boleh memeriksa di PMK Nomor 82 tahun 2021 ataupun di akun DJP online

Bagi kalian yang belum memiliki akun DJP online, kalian boleh mengikuti link ini ya guys. “Pembuatan Akun DJP Online Orang Pribadi” dan “Pembuatan Akun DJP Badan”

Setelah login ke akun DJP online, kalian boleh mengikuti langkah berikut:

Pilihlah jenis pajak yang ingin kalian ajukan untuk penangguhan pajak oleh pemerintah. Setelahnya, apabila kalian termasuk dalam KLU jenis usaha yang termasuk dalam pajak DTP, maka surat keterangan yang muncul akan muncul status “terpenuhi”, apabila yang muncul adalah status “tidak terpenuhi”, maka kalian tidak termasuk dalam KLU yang pajaknya ditanggung oleh pemerintah.

Mohon diingat ya guys, meskipun status kalian terpenuhi dalam KLU yang pajaknya ditanggung oleh pemerintah, kalian tetap wajib melaporkan pajak tersebut setiap bulannya. Karena proses pembayaran pajak dan pelaporan pajak adalah 2 hal yang berbeda.

 

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCZR7RJ7rJJC6b3mo2yRIhfA/playlists

NB: konsultasi secara online perihal perpajakan, silakan daftarkan dan lakukan pembayaran di www.mypajak.id

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *