Cara perusahaan jasa terhindar dari potongan PPh 23 sebesar 2% yaitu dengan Pajak UMKM 0,5% (pp 23/tahun 2018)

Apabila saat ini Anda merupakan pengurus wajib pajak badan yang baru saja mendaftarkan perusahaan Anda untuk memiliki NPWP, maka perhatikanlah artikel ini.

Pada tahun 2018 yang lalu, pemerintah mengumumkan pajak UMKM 0,5% bagi wajib pajak yang omsetnya dibawah 4,8 miliar dan bukan termasuk dalam pekerjaan bebas.

Rincian pekerjaan bebas adalah:

  1. Tenaga Ahli, seperti: pengacara, akuntan, arsitek, dokter, konsultan, notaris, penilai dan aktuaris.
  2. Pemusik, pembawa acara, penyanyi, pelawak, bintang film, bintang sinetron, bintang iklan, sutradara, kru film, foto model, perawagawan/peragawati, pemain drama dan penari.
  3. Olahragawan
  4. Penasihat, pengajar, pelatih, penceramah, penyuluh dan moderator.
  5. Pengarang, peneliti dan penerjemah.
  6. Agen iklan.
  7. Pengawas atau pengelola proyek.
  8. Perantara
  9. Petugas penjaja barang dagangan
  10. Agen asuransi
  11. Distributor perusahaan pemasaran berjenjang (multilevel marketing atau penjualan langsung (direct selling) dan kegiatan sejenis lainnya.

Namun tentunya ini pajak UMKM 0,5% tidak berlaku selamanya, karena ada batasannya:

  1. Orang pribadi diperbolehkan menggunakna pajak UMKM 0,5% sampai dengan 7 tahun, terhitung dari NPWP badan disetujui oleh KPP terdaftar.
  2. CV diperbolehkan menggunakna pajak UMKM 0,5% sampai dengan 4 tahun, terhitung dari NPWP badan disetujui oleh KPP terdaftar.
  3. PT diperbolehkan menggunakna pajak UMKM 0,5% sampai dengan 3 tahun, terhitung dari NPWP badan disetujui oleh KPP terdaftar.

Bagi yang telah menggunakan sistem perhitungan pajak UMKM 0,5%, maka Anda tidak berhak lagi dipungut pph 23 dari lawan transaksi. Namun Anda wajib memiliki surat keterangan bahwasannya Anda/perusahaan Anda memang benar diijinkan untuk menggunakan sistem perhitungan pajak UMKM 0,5%.

Surat tersebut bisa Anda peroleh dengan login ke DJP online. Untuk detail langkahnya, ada dijelaskan pada link video di bawah ini.

https://youtu.be/vC1guMAm7EM

Youtube: https://www.youtube.com/channel/UCZR7RJ7rJJC6b3mo2yRIhfA/playlists

MYPajak

NB: konsultasi secara online perihal perpajakan, silakan daftarkan dan lakukan pembayaran di www.mypajak.id

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *