Bagaimana jika Nama NPWP dan Nama KTP berbeda?

Halo sahabat MyPajak,

Sering wajib pajak pemula mempertanyakan hal ini ke MyPajak, bagaimana solusinya jika Nama NPWP dan Nama KTP yang berbeda?

Solusinya ada 3:

  1. Mengunjungi kantor pelayanan pajak Anda terdaftar
  2. Membuat surat kuasa khusus apabila Anda berada di lokasi yang sangat jauh dari kantor pelayanan pajak Anda terdaftar.
  3. Membuat surat tertulis yang langsung dikirimkan ke kantor pajak.

Penjelasannya:

Mengunjungi kantor pelayan pajak Anda terdaftar.

Ini merupakan solusi tercepat bagi wajib pajak untuk mengubah data diri Anda. Tidak diperlukan waktu lama dalam perubahan data diri Anda, biasanya pada hari yang bersamaan juga bisa selesai. Namun sebelum melakukan kunjungan langsung ke kantor pajak Anda wajib mengambil fotokopi KTP, Kartu Keluarga dan NPWP sebagai data pendukung Anda. Selain itu Anda perlu mengisi dan menandatangi form perubahan diri orang pribadi.

File perubahan diri orang pribadi bisa di download di bawah ini ya.

Formulir Perubahan Data OP

Sebelum mengunjungi kantor pajak, ingat untuk mengambil antrian online terlebih dahulu. Langkah detail pengambilan nomor antrian online ada pada link video dibawah ini.

Membuat surat kuasa khusus, apabila Anda berada di lokasi yang sangat jauh dari kantor pelayanan pajak Anda terdaftar

Apabila Anda sedang dalam posisi yang jauh dari kantor pelayanan pajak Anda terdaftar, maka perubahan diri Anda boleh diwakilkan dengan menggunakan surat kuasa khusus. Namun penerima dalam surat kuasa khusus ini hanya berlaku bagi yang memiliki izin praktik konsultan pajak.  Apabila penerima surat kuasa khusus tidak memiliki izin praktik konsultan pajak, maka surat kuasa khusus ini tidak berlaku.

Membuat surat tertulis yang langsung dikirimkan ke kantor pajak.

Ini merupakan salah satu alternatif apabila Anda sedang dalam posisi yang jauh dari kantor pelayanan pajak Anda terdaftar, dan tidak menggunakan surat kuasa khusus dalam perubahan data diri. Anda bisa mencoba mengirimkan surat permohonan perubahan data diri ke kantor pelayanan pajak Anda terdaftar. Dalam surat tersebut, Anda sampaikan alasan perubahan data diri disebabkan oleh apa dan alamat domosili Anda saat ini, lalu dalam pengiriman surat tersebut, ingat untuk melampirkan fotokopi NPWP, Kartu Keluarga dan KTP sebagai data pendukung. Pengiriman berkas ini bisa Anda lakukan melalui kantor pos yang ditujukan langsung ke kantor pelayanan pajak Anda terdaftar atau bisa dikirimkan ke kerabat yang posisi dekat dengan kantor pelayanan pajak Anda terdaftar agar kerabat Anda bisa menyampaikan langsung ke TPT.

Biasanya, NPWP yang telah diubah akan dikirimkan ke alamat domosili Anda dalam 14 hari ke depan. Apabila dalam 14 hari kemudian Anda tidka menerima fisik kartu NPWP, maka Anda wajib mengunjungi kantor pelayanan pajak Anda terdaftar untuk mempertanyakan perubahan data diri Anda. Ingat untuk membawa bukti pengiriman berkas perubahan diri Anda ke kantor pelayanan pajak Anda terdaftar agar team KPP bisa memahami kendala yang sedang Anda hadapi.

Sebelum mengunjungi kantor pajak, jangan lupa untuk mengambil antrian online terlebih dahulu. Langkah detail pengambilan nomor antrian online ada pada link video dibawah ini.

Follow dan subscribe:

IG: MyPajak

Youtube Channel: MyPajak

Blog: https://www.mypajak.id/blog/

 

Salam sukses,

MyPajak

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *